Kamis, 14 Januari 2016

Penemuan Baru: Enzim Ini Mencegah Gula Menjadi Lemak Dalam Tubuh

Di bulan Januari ini mungkin banyak dari anda yang berusaha untuk diet – demi menurunkan beberapa kg berat tubuh yang naik selama libur Natal dan Tahun baru kemarin. Makanan-makanan manis yang dikonsumsi selama masa itu sukses menambah jumlah lemak di tubuh anda. Namun sekarang anda tidak perlu lagi kuatir untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung gula. Para peneliti dari University of Montreal telah menemukan cara untuk mengatasinya.

penemuan enzim yang mencegah gula menjadi lemak tubuh

Seperti yang dilaporkan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences, sebuah enzim baru telah ditemukan – dimana enzim ini dapat mengontrol secara langsung bagaimana tubuh anda mengubah gula dan lemak.

Semua sel mamalia (manusia termasuk di dalamnya) – menggunakan gula (glukosa) dan asam lemak sebagai sumber energi utama mereka. Mayoritas dari glukosa ini disimpan di hati dalam bentuk glikogen, yaitu senyawa padat yang dapat diambil kapan saja setiap kali tubuh memerlukan produksi energi. Di negara-negara maju, orang-orang  cenderung mengkonsumsi terlalu banyak gula, membuat mereka kelebihan glukosa dari yang seharusnya dibutuhkan tubuh mereka. Kelebihan glukosa inilah yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi lemak, menyebabkan terjadinya obesitas.

Berdasarkan rincian dari studi terbaru, peneliti menemukan enzim yang disebut dengan Gro3P phosphatase atau disingkat dengan G3PP, tersembunyi dalam semua jenis jaringan tubuh. Enzim ini diketahui dapat mengatur glukosa dan lemak menjadi senyawa lain, serta mengatur produksi dari adenosine triphosphatase (ATP).

enzim G3PP mencegah gula tersimpan sebagai lemak dalam tubuh

Hal ini berarti bahwa G3PP memiliki pengaruh langsung dengan bagaimana glukosa dan lemak digunakan dalam tubuh kita.

Menggunakan tikus laboratorium – para peneliti menunjukkan bahwa meningkatkan aktivitas G3PP dalam hati tikus secara meyakinkan menurunkan berat badan mereka dan kemampuan untuk memproduksi glukosa di hati.

Murthy Madiraju, salah satu peneliti di University of Montreal Hospital Research Centre (CRCHUM), mengeluarkan pernyataan, "G3PP mencegah pembentukan dan penyimpanan lemak yang berlebihan, juga menurunkan produksi glukosa berlebih dalam hati, yaitu masalah utama pada penderita diabetes."

Hal ini tentu merupakan sebuah batu loncatan yang luar biasa. Para peneliti berharap dapat memanipulasi enzim ini dalam tubuh manusia. Ini menawarkan batu loncatan bagi para peneliti berharap untuk memanipulasi enzim ini dalam manusia.

Dengan penggunaan G3PP untuk mengubah bagaimana glukosa dan lemak diserap serta diproduksi, maka mereka yang tidak mampu mengendalikan ini secara alami – contohnya mereka yang menderita diabetes tipe 2 – maka mereka sangat berpotensi untuk dapat diobati.

0 komentar

Poskan Komentar