Kamis, 14 Januari 2016

7 Trik Sederhana Ini Benar-Benar Dapat Menyelamatkan Hidup Anda!

Anda mungkin menyadari jika tips dan trik yang anda dapatkan di media online kebanyakan tidak benar-benar bermanfaat. Khususnya mengenai “life hacks”, yang sebenarnya tidak memiliki kegunaan apa-apa dalam menyelamatkan hidup anda. Namun berbeda dengan 7 tips berikut ini – yang saya yakin anda akan menyesal jika tidak mengetahuinya.

Berikut adalah 7 kegiatan sederhana yang bisa membantu anda mendapatkan pemahaman lebih mengenai tubuh anda. Dan anda akan lebih paham bagaimana cara menjaga kesehatan anda sendiri.

1. Angkat tangan anda dengan telapak tangan menghadap ke bawah, lalu letakkan selembar kertas di atasnya.

tes untuk mengetahui darah rendah, kecemasan, dan parkinson

Dengan meletakkan kertas, anda akan lebih gampang melihat getaran yang abnormal. Tangan yang sedikit gemetar memang tidak bisa dihindari (apalagi jika anda mengangkat tangan anda terlalu lama). Namun jika getaran tangan anda terlihat berlebihan, maka ini bisa menjadi indikasi jika anda terlalu berlebihan mengkonsumsi kafein – mengalami gula darah rendah – mengalami kecemasan – atau bahkan merupakan tahap awal dari penyakit Parkinson.

2. Periksa denyut nadi anda dengan bantuan stopwatch, kemudian hentakkan kaki anda bersamaan dengan setiap denyut.

tes untuk mengetahui atrial fibrilliation atau denyut jantung tak teratur

Sebelumnya pastikan dulu anda dalam keadaan santai, lalu coba cari denyut nadi anda – bisa di pergelangan tangan ataupun daerah leher. Setelah menemukannya, lalu hentakkan kaki anda mengikuti irama denyut nadi anda. Jika ketukan yang anda dapatkan tidak tetap (stabil), maka kemungkinan besar anda mengalami atrial fibrillation – atau lebih dikenal dengan penyakit denyut jantung tak teratur.

3. Campur satu sendok teh penuh baking soda ke dalam segelas kecil air putih, lalu minum dengan cepat saat perut dalam keadaan kosong.

tes untuk mengetahui kesehatan lambung

Jika dalam kisaran 5 menit setelah meminum larutan tersebut anda bersendawa, maka itu artinya kadar asam dalam lambung anda normal dan sehat. Namun jika anda tidak bersendawa, maka kemungkinan besar keseimbangan asam dalam lambung anda terganggu. Hal ini membuat penyerapan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi menjadi kurang optimal.

4. Diam di depan cermin, lalu coba untuk menyilangkan kaki anda (duduk bersila) tanpa menggunakan bantuan tangan.

tes untuk mengetahui kondisi kesehatan otot dan sendi

Jika anda bisa merubah posisi duduk dari selonjor ke posisi bersila tanpa sedikit bantuan dari kekuatan tubuh bagian atas, itu artinya otot dan sendi anda dalam kondisi yang baik. Sebuah studi dari The European Journal of Preventive Cardiology bahkan mendapati bahwa orang-orang di atas usia 50 yang berhasil melakukan ini terbukti lebih panjang umur.

5. Berdiri tepat di depan bingkai pintu atau bingkai jendela yang besar, tutup mata kiri anda, lalu tatap bingkai tersebut selama 30 detik. Ulangi lagi dengan menutup mata kanan.

tes untuk mengetahui adanya degenarasi makula penyebab hilangnya penglihatan

Jika anda tidak melihat garis horizontal dan vertikal pada bingkai menjadi paralel, maka kemungkinan besar anda berada dalam tahap awal degenerasi makula – hal yang mengarah pada hilangnya penglihatan.

6. Baringkan tubuh di tempat tidur dan angkat kaki anda dengan perlahan membentuk sudut 45 derajat. Tahan selama satu menit, lalu kemudian rebahkan kaki dengan posisi menggantung  di tepi tempat tidur.

tes untuk mengetahui adanya penyakit arteri perifer penyebab darah tinggi, serangan jantung, dan stroke

Hal ini berfungsi untuk mengetahui penyakit arteri perifer (PAD). Jika anda mengalami mati rasa atau melihat kaki anda menjadi pucat dan tidak kembali normal dalam waktu 1 menit, maka kemungkinan besar anda menderita PAD. Hal ini dapat menyebabkan masalah tekanan darah, serangan jantung, ataupun stroke.

7. Coba bayangkanlah jam yang jarum-jarumnya menunjukkan pukul 03:40 tepat.

tes untuk mengetahui ada tidaknya tanda-tanda demensia

Jika anda tidak mampu melakukannya hanya dengan mengandalkan ingatan anda, maka bisa jadi hal ini adalah tanda awal dari penyakit demensia.

Beberapa tes sederhana di atas adalah hal yang baik untuk anda lakukan jika anda merasa bermasalah dengan kesehatan anda. Jika setelah anda melakukannya – anda mendapati hasil yang buruk untuk salah satu atau beberapa diantaranya, maka tidak perlu panik! Berarti ini waktunya untuk melakukan pemeriksaan yang lebih akurat ke dokter anda.

Ingat!

Mengetahui sejak dini akan meningkatkan keberhasilan dari pengobatan ataupun pencegahan. Ini akan benar-benar membuat anda hidup lebih lama.

Tolong bantu share ini ke teman, sahabat, ataupun saudara jika anda memang sayang dan peduli dengan mereka! Terima kasih..

0 komentar

Poskan Komentar